JAKARTA – Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan Pemerintah telah menetapkan tanggal 19 Agustus sebagai Hari Lahir Kementerian Dalam Negeri.  Selain itu, telah diciptakan lagu “Pemerintahan Dalam Negeri”  hasil karya musisi dan komposer Adhie MS.

Hal itu disampaikan Sekjen  Kemendagri Hadi Prabowo dalam sambutannya pada Malam Tasyakuran HUT RI ke-74 RI Lingkup Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), di Halaman Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (19/08/2019) malam.

Dalam acara itu hadir pula anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Teguh Prasetyo, musisi dan composer Adhie MS, dan Ketua Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana.

Hadi Prabowo menjelaskan, semula Kemendagri mengusulkan Hari Pemerintahan Dalam Negeri, namun setelah berkonsultasi dengan Sekretariat Negara diputuskan untuk ditetapkan sebagai Hari Kementerian Dalam Negeri.

“Tangal 19 Agustus ini adalah merupakan Hari Kelahiran Kementerian Dalam Negeri ini telah diupayakan dikaji dan diteliti oleh Dirjen Polpum (Kemendagri) Soedarmo untuk disetujui. Namun, karena sifatnya kementerian sehingga kemarin hasil pertemuan dengan Sekretariat Negara cukup Hari Kementerian Dalam  Negeri, padahal  pertama kita upayakan Hari Pemerintahan Dalam Negeri,” ujarnya.

Selama ini, menurut Hadi Prabowo, yang sudah dikenal adalah Hari Otonomi Daerah. Diharapkan dengan ditetapkannya tanggal 19 Agustus sebagai Hari Kementerian Dalam Negeri  dan telah diciptakannya lagu “Pemerintahan Dalam Negeri” bisa membangkitkan motivasi, semangat dan spirit bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta semakin cinta pada institusi Kemendagri.

Berikut adalah lirik Mars Pemerintahan Dalam Negeri karya Addie MS:

Satukan langkah

Bersama kita

Untuk Indonesia

Siap melayani

Galang demokrasi

Jaga Persatuan

Berdasar Pancasila

Undang-Undang Dasar 45

Berpadulah keragaman

Bangun Nusa Bangsa

Kobarkan semangat untuk

Membangun negeri

Bersama kita berkarya

Di Pemerintahan Dalam Negeri

Republik Indonesia

Sumber: https://www.kemendagri.go.id/blog/33355-Tanggal-19-Agustus-sebagai-Hari-Lahir-Kementerian-Dalam-Negeri

Back To Home