Kota Malang – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan dalam Rakernas Apeksi XIV, Pemerintah Kota harus menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital, serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi di wilayah perkotaan.

“Perlu disadari bersama bahwa Pemerintah Kota akan terus dihadapkan pada tantangan yang lebih besar di masa depan, diantaranya tingkat urbanisasi yang tinggi, pembukaan lapangan pekerjaan, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yang layak, serta permasalahan transportasi yang kompleks. Sebagai konsekuensi, pemerintah kota melalui Apeksi harus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, agar permasalahan perkotaan mampu ditangani secara sinergi,” papar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, otonomi daerah membutuhkan kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah. Dengan dukungan infrastruktur yang meningkat di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam 5 tahun terakhir ini, harus dimanfaatkan oleh seluruh Pemerintah Kota untuk berkembang melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, sehingga otonomi daerah terus tumbuh dan berkembang dangan baik, khususnya di wilayah perkotaan di Indonesia.

“Sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi ini, akan berdampak positif jika disinergikan dengan baik bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten se Indonesia,” terang Tjahjo.

Tjahjo juga berharap pelayanan masyarakat di kota semakin maksimal dengan inovasi yang terus ditingkatkan. Ia juga berharap rakernas APEKSI mampu menghadirkan terobosan untuk kemajuan bangsa.

“Bahwa usia kota lambat laun semakin Tua, tetapi Wajah Kota harus semakin Muda dan Tingkat pelayanan dan inovasi harus semakin Tinggi. Kota harus bisa mempertahankan identitas diri, ┬ájangan sampai Kota meninggalkan jati dirinya termasuk mempertahankan Kearifan Lokal. Semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi Indonesia Maju Berdaulat di masa depan,” tutup Tjahjo.

Rapat Kerja Nasional XIV APEKSI 2019 diakhiri dengan ditutupnya Indonesia City Expo 2019 hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 oleh Wakil Walikota Semarang dengan hasil kegiatan Rakernas dan Expo, antara lain:

Pemenang Stand Indonesia City Expo 2019:

  • Juara 1: Semarang
  • Juara 2: Tangerang Selatan
  • Juara 3: Palembang
  • Harapan 1: Makassar
  • Harapan 2: Surakarta
  • Harapan 3: Bogor

Tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional XV APEKSI 2020 terpilih adalah Kota Tangerang Selatan.

Sumber : https://www.kemendagri.go.id/blog/31958-Pernyataan-Mendagri-Dalam-Rangka-Rakernas-Apeksi-XIV-2019-di-Semarang

Sumber gambar : Tribunnews.com

Back To Home